Cari Uang dengan Jualan Konten di Shutterstock

Shutterstock Inc atau biasa saya sebagai contributor microstock menyebutnya ShutterStock.com, karena memang alamat domain resminya adalah shutterstock.com, merupakan Sebuah situs di Internet yang memiliki fokus untuk menyediakan Stok Gambar, Foto, Vektor, Video, dan Musik yang dapat di gunakan untuk keperluan lainnya atau menggabungkannya menjadi karya baru.



 

logo shutterstock
Logo Shutterstock

 

Bisa dibilang, penyedia bahan dasar digital gitu deh.



Shutterstock didirikan oleh Jon Oringer pada tahun 2003 di Kota New York, New Yor,  Amerika Serikat.



Berdasarkan informasi yang saya peroleh, Microstock ini berkantor pusat di tempatnya didirikan yaitu Kota New York, New York, Amerika.


Penyedia Stock Digital tersebut memiliki banyak sekali Resource yang keren dan professional dan berkualitas, anda pun bisa menjadi kontributor / pemasok resource digital tersebut.



Gampangnya sih, Jualan konten gitu ya, jadi... jika ada yang anggota terdaftar di Shutterstock yang berlaku sebagai pembeli / buyer mendownload konten anda, maka anda mendapat komisi untuk itu.


Disini, saya juga memiliki lapak disana, lapak konten :) walaupun untuk kontennya belum banyak, karena proses seleksi yang cukup ketat berkenaan dengan kualitas, tetapi yang terpenting adalah, seberapa banyak konten anda dilirik, karena lolos seleksi pun juga belum tentu langsung menghasilkan pundi pundi dollar dari sini.



Pada akhirnya, semua tergantung dari kualitas konten kita


Saat ini, berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari about us di situsnya, Shutterstock sudah berhasil memiliki 1 billion lebih stock image, vide klip, music track yang sudah didownload.


Shutterstock juga sudah memiliki 1 million lebih kontributor / orang yang berkontribusi dalam membentuk kumpulan konten siap download, selain itu juga telah ada 300 million lebih gambar dengan penambahan 200.000 gambar perhari perkiraan, serta pelanggannya sudah tersebar dari lebih 150 negara dan situsnya sudah memiliki 21 bahasa.



Kalau dilihat perjalanannya sejak 2003, itu sudah cukup panjang, terhitung sudah 18 Tahun.



Bagaimana Cara Mendaftar Shutterstock untuk Jualan Konten?

 

Caranya sangat mudah.. , dan untuk sekarang ini, mendaftar Shutterstock sudah tidak perlu pakai passpor lagi. Prosesnya lebih mudah dan simpel, silahkan anda bisa langsung daftar di Situs Shutterstock

Jika anda berkenan, silahkan klik link referal saya diatas, jadi ketika anda daftar melalui link diatas, berarti anda menjadi refferal saya, jika tidak ingin... anda bisa langsung mengunjungi..  https://contributor-accounts.shutterstock.com :)

 

Berikut ini adalah cara daftar Shutterstock Contributor Terbaru 2021 :



  1. Setelah mengunjungi situs diatas itu, silahkan isi Formulir yang ada di Shutterstock Contributor,



    formulir pendaftaran shutterstock 2021
    Formulir Shutterstock




    Isilah seperti ini form tersebut, setelah itu... silahkan klik "Next"


  2. Setelah itu akan muncul halaman yang memberitahukan kepada anda, untuk verifikasi Email.



    verifikasi Email

    Anda bisa langsung mengunjungi email yang didaftarkan pada proses pengisian formulir pendaftaran tadi.



    email verifikasi

    Langsung aja sobatku untuk klik link verifikasi yang saya lingkari diatas. Jika verifikasi anda berhasil, maka akan ada pemberitahuan semacam ini..




    Setelah itu klik next, anda akan ditujukan ke halaman Sign In atau Login ke Dashboard Akun Shutterstock anda.


    Jika gagal, cobalah cek koneksi internet anda!


  3. Silahkan anda masukkan Email dan Password yang anda daftarkan di form registrasi tadi.

    Form Login


  4. Setelah itu, anda akan dihadapkan pada Formulir pengisian Alamat Rumah (Residential) dan Alamat Surat (Mailling Address).



    alamat rumah dan alamat surat

    Tips : Centang aja jika alamat surat sama dengan alamat rumah

    Kalo sudah, anda bisa klik "next"

  5. Setelah itu, jika data anda berhasil disimpan, maka akan muncul halaman pilihan, anda bisa langsung Upload Foto, Gambar atau Vektor ( Jika anda sudah siap dengan file anda ) jika belu, silahkan bisa klik pada "Go to Dashboard" atau menuju ke halaman dashboard shutterstock contributor anda.



    upload atau dashboard


    Jika anda memilih upload, maka akan ditujukan pada halaman Upload seperti ini..


    upload

    Jika anda memilih menuju ke dashboard, maka anda akan ditujukan ke Halaman Dashboard seperti ini..


    halaman dashboard





  6. Selesai. Anda sudah berhasil selangkah menjadi Kontributor Shutterstock, berarti anda sudah bisa jualan. Setelah anda berhasil mengupload Image / Video / Illustrator / Vector / Video, sesuai kemampuan anda dan diterima, maka anda bisa dibilang seorang Kontributor Shutterstock :), jika belum upload, berarti masih sebagai "Pembuat Akun" hehe..





Saya sarankan anda sudah menentukan untuk fokus mau berkontribusi dimana, misalnya Foto / Gambar / Video / Musik

 

Kenapa? agar anda bisa menjadi professional dengan mudah, karena apa yang anda jual disana konsisten dan tentu anda akan lebih mudah menguasai "Kualitas" karena konsisten tersebut.

 

Lapak Shutterstock R4CPROJECT


 

 

Apakah Menjual Konten di Shutterstock gratis?

 

Ya, selama ini gratis alias tidak dipungut biaya. Enak khan? jadi anda hanya perlu menyiapkan karya dan anda bisa mendapatkan uang jika karya / konten anda laku...


Apakah Bisa Shutterstock buat beberapa akun?


Yup! saya memiliki 2 Akun, dengan peruntukan masing masing yang berbeda, tetapi perlu diketahui, saya memakai email yang berbeda.


Kenapa buat beberapa akun, agar bisa lebih fokus, akun pertama untuk foto / video, akun kedua untuk ilustrasi / vektor


:)

 

Apakah Shutterstock menawarkan sistem Referral?

 

Yup! Itu diatas buktinya, saya menyarankan anda untuk menjadi kontributor melalui link pendaftaran punyak saya,  atau link referral, artinya saya yang mereferensikan anda untuk bergabung menjadi kontributor Shutterstock.

Untungnya? ketika anda mendaftar menggunakan link yang saya berikan, maka saya akan mendapat cipratan keuntungan ketika anda berhasil



Referring a Contributor to Shutterstock
Whether you bring a photographer, videographer, or illustrator to Shutterstock, when they sign up using your referral link, you earn money.

Referring Image Contributors: For the first two years after an image contributor you referred is approved, you earn $0.04 each time one of their images* is downloaded.
Referring Footage Contributors: For the first year after a footage contributor you referred is approved, you will earn 10% of the sale price actually received by Shutterstock each time one of their clips* is downloaded.  - https://www.shutterstock.com/blog/earn-money-shutterstock-referral-program


Artinya, ketika anda berhasil menjual gambar / foto sebagai kontributor shutterstock, maka... saya akan mendapatkan $0.04, kalo dirupiahkan sekitar 400 rupiah, kecil ya? itu untuk penjualan image / gambar ya... lalu kalau Footage?


Referring Footage Contributors: For the first year after a footage contributor you referred is approved, you will earn 10% of the sale price actually received by Shutterstock each time one of their clips* is downloaded.


Artinya, jika kontributor yang anda referensikan, berhasil menjual Footage ( Footage itu Cuplikan video, contoh... video Jerapah.. ), maka anda akan mendapat 10% dari hasil penjualan.


Berarti mengurangi penghasilan Kontributor dong? anda mendaftar menggunakan Link Referall atau tidak, itu akan sama aja, alias.. anda tidak dirugikan / dikurangi penghasilan...


Jadi ketika anda memakai link referral saya, jujur aja... saya sangat bahagia.. dan berterima kasih dengan anda yang sudah memberikan saya rejeki.


Apakah ada selain itu?


Tidak hanya referral ke kontributor, melankan ke calon buyer.. :)


Share your work with buyers
Earn 20% up to $200.00 of a customer's first payment when they use your link to sign up


Artinya : Jadi anda bisa mencari customer juga, ketika ada buyer yang daftar ke Shutterstock, ketika si buyer melakukan pembelian pertama, anda akan mendapat komisi 20% dari paket yang dibeli si Buyer..

https://submit.shutterstock.com/referrals


Ada batasnya sih, maksimal $200.00, silahkan di indonesiakan sendiri.. :)



Bang, tapi sekarang pesaingnya di ShutterStock sudah mulai banyak ya?


Ya, kalo lihat seperti itu sih, tiap hari mas / mbak, persaingan semakin ketat, kita harus membentuk portofolio kita dari sekarang, jangan ditunda tunda lagi.. "Kata ku pada diriku sendiri"


Ada nasehat yang terngiang dipikiranku, "Setiap orang memiliki rejekinya masing masing.." jadi tidak usah risau masalah persaingan mah... yang penting, kita berusaha dengan jujur, dan lurus, insyaAllah jika kita berusaha dengan baik, maka akan mendapatkan yang baik dan berkah...



Apa Penyebab Akun Shutterstock di Disable?


 

Buat temen temen yang sudah daftar atau barusan daftar, silahkan untuk menambah portofolionya dan melengkapi profile, kenapa? karena bisa dianggap akun tidak aktif, dan kemungkinan itu untuk mengantisipasi akun spam. Tetapi saya tidak mendapatkan statement resmi dan pasti mengenai hal ini.

Disini saya menyarankan untuk agan dan aganwati yang telah berhasil mendaftar dengan link referral saya, atau tidak .. :) untuk melengkapi profil serta menambah portofolio, supaya akun anda tidak mendapat ujian di disable.. :) kan repot harus daftar lagi pake email baru, terlebih jika nama dan alamat kita di banned.. aduh..


Selanjutnya, hati - hati juga dengan yang namanya plagiasi, usahakan untuk buat karya orisinil...


Agar anda lebih memahami aturan dan kebijakan shutterstock, silahkan baca ini... TOS





Oke sekian, semoga rejeki anda lancar di Shutterstock.